Kamis, 17 Maret 2011

ORGANISASI, MUSYAWARAH

     Organisasi adalah kelompok manusia yang diatur untuk bekerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama. organisasi terdiri atas beberapa orang. Tujuan bersama yang menyatukan orang-orang tersebut.
     Setiap organisasi pasti terdapat perbedaan, Misalnya  perbedaan pendapat, pikiran dan lain sebagainya.  Oleh karena itu, dalam organisasi pasti ada usaha untuk mengatasi perbedaan. untuk mengatasi perbedaan ini, ada aturan-aturan yang harus di taati bersama. Salah satu cara untuk mengatasi perbedaan adalah dengan Musyawarah.



     Musyawarah dilakukan untuk menetapkan keputusan bersama. Keputusan bersama adalah keputusan yang melibatkan semua orang yang berkepentingan. keputusan bersama melibatkan semua anggota organisasi. Keputusan bersama harus dilakukan karena dalam organisasi terdapat banyak orang. dalam organisasi, Kita tidak bisa menyerahkan keputusan kepada 1 orang saja. Keputusan juga tidak boleh diserahkan kepada ketua organisasi saja. semua warga organisasi harus terlibat dalam pengambilan keputusan.

   Ada beberapa nilai dasar yang harus di perhatikan dalam melakukan musyawarah. beberapa nilai dasar tersebut antara lain :

1) KEBERSAMAAN,
2) PERSAMAAN HAK,
3) KEBEBASAN MENGEMUKAN PENDAPAT,
4) PENGHARGAAN TERHADAP PENDAPAT ORANG LAIN, DAN
5) PELAKSANAAN HASIL KEPUTUSAN SECARA BERTANGGUNG JAWAB.

    Kebersamaan dan tujuan bersama merupakan asal usul organisasi. Tanpa adanya kebersamaan dan tujuan bersama, mustahil ada sebuah organisasi. Ketika mengadakan musyawarah, nilai dasar ini tidak boleh ditinggalkan.
     Dalam bermusyawarah, Seluruh peserta harus mendapat persamaan hak, Maksudnya seluruh peserta musyawarah diberi hak yang sama untuk mengemukan pendapat. Mereka bebas mengungkapkan ide. Maksud bebas adalah tidak mendapat paksaan dari orang lain. Ia bebas mengutarakan pendapatnya. Dalam berpendapat, seseorang tidak boleh dipaksa oleh orang lain. Oleh karena itu, seluruh peserta musyawarah harus mendengarkan setiap orang yang sedang berpendapat. Setiap pendapat yang muncul harus dihargai.

1 komentar: